Pages

Banner 468

Senin, 10 Januari 2011

Flash : Apa itu label

0 komentar
Menutup teori yang saya share pada hari ini, karena kebetulan bentrok dengan ulangan. jadi saya akan menjelaskan apa itu label. dan apa kegunaannya.

baik. "label" didalam flash. bisa kita deskripsikan sebagai suatu identitas dari frame. seperti code AS 2 gotoAndStop & gotoAndPlay yang saya lampirkan. di postingan tersebut, saya menggunakan. frame sebagai proses pemindahan pada animasi. akan saya ulang kembali code yang pernah saya tulis ( menggunakan gotoAndStop )

gotoAndStop(frame_tertentu);

frame_tertentu ini tidak hanya berisi berupa angka, misal kita ingin pindah ke frame 2,  maka kita menuliskan frame 2, itu memang bisa di ingat. namun bagaimana bila kita mempunyai suatu program yang banyak akan frame. nah untuk mengantisipasinya. kita menggunakan label. sehingga perubahan kodenya akan menjadi

gotoAndStop(label);

ada tambahan sedikit. bahwa pengisian label dengan frame itu berbeda. bila kita ingin langsung pindah ke frame, maka tidak menggunakan tanda kutip ("). bila ingin pindah melalui label maka harus menggunakan tanda kuti (").

contoh kode :

-pindah dengan frame
gotoAndStop(5);

-pindah dengan label
gotoAndStop("halaman_utama");

Dari kedua perbedaan tersebut. bahwa. bila kita tidak menggunakan label sebagai pemindahan maka. ketik saja langsung dengan angka frame yang akan menjadi tujuan pemindahan. dan bila menggunakan label. maka harus menggunakan tanda kutop (").

Cara pembuatan label :
1. klik pada frame yang akan kita berikan label.
2. klik pada panel properties. dan isikan labelnya sesuai dengan yang kita inginkan.

lebih jelasnya. lihat illustrasi gambarnya.

Ket : frame 1 - 10 sudah terisi dengan label pembuatan.

Ini dia gambar dalam pembuatan label. jangan lupa pilih frame yang ingin dijadikan label.


  • Name = Nama dari label. semisal seperti tertera di atas "pembuatan"
  • Type = Isikan dengan "Name". bukan "Author" atau "Comment"

0 komentar:

Posting Komentar